Hari Ini Pilkades Serentak di Karanganyar, Begini Harapan Pemkab dan DPRD

KARANGANYAR, KRJOGJA.com -Tim sukses calon kepala desa di 7 desa penyelenggara Pilkades diimbau melepas atribut kampanye jelang pemungutan suara serentak. Selama hari tenang, 10 Maret 2020, dilarang kampanye politik dalam bentuk apapun maupun aktivitas curang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Karanganyar, Agus Heri Bindarto mengatakan 20 calon kepala desa dari tujuh desa menjalani penyampaian visi dan misi di hadapan panitia serta aparat pemerintah dan massa pendukungnya, Senin (9/3). Mereka diberi batasan waktu menyampaikan serta jumlah massa yang dihadirkan di forum tersebut. Usai tahapan itu, hari tenang berlaku mulai Selasa (10/3) pukul 00.00 WIB sampai 24.00 WIB. Pada Rabu (11/3) pemungutan suara dimulai.
“Di hari tenang, seluruh aktivitas kampanye tidak diperbolehkan. Timses diminta melepas atributnya. Aparat keamanan dan pemerintah setempat sudah bersiap menjaga selama hari tenang untuk mengantisipasi kampanye hitam maupun money politics,” katanya.
Sementara itu di Desa Dawung, Matesih, dua cakades menyampaikan visi misinya yang beragam. Petahana kades, Suyadi dan penantangnya Panggyo Utomo menjanjikan perbaikan kondisi masyarakatnya di semua bidang. Seperti ekonomi, sosial, pelayanan publik, kesejahteraan, pertanian dan aneka bantuan.

Ketua Panitia Pilkades Dawung, Joko Waluyo mengatakan surat undangan mencoblos telah disampaikan ke 3.514 pemilih di sembilan dusun. Ia menyampaikan peraturan bupati (Perbup) No.66/2018 tentang Kepala Desa harus dipatuhi para calon, pendukungnya hingga penyelenggara.

“Kami menekankan steril atribut selama hari tenang. Kalau timses tidak sanggup, kami akan melepasnya bersama Satpol PP. Tidak boleh ada euforia berlebihan seperti konvoi,” katanya.

Anggota Komisi A DPRD Karanganyar, Sri Harjono berharap pilkades menghasilkan kepala desa berkualitas dan sesuai pilihan rakyat.

“Harapannya masyarakat memilih pemimpin amanah. Menjaga persatuan dan kesatuan di wilayah dan mengamankan kepentingan pembangunan. Sejauh ini, persiapan pilkades sudah sesuai regulasi,” katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI