Hari Pertama Pemberlakuan Larangan Mudik Lebaran, Lalu Lintas Sukoharjo Masih Normal

Editor: KRjogja/Gus

Dishub Sukoharjo akan terus melakukan pemantauan sejak awal hingga berakhir kebijakan larangan mudik Lebaran mulai 6-17 Mei. Di lapangan pemantauan dilakukan Dishub Sukoharjo bersama petugas gabungan di pospam Lebaran di tiga titik. Pospam tersebut berada di bekas terminal lama Kartasura, simpang empat patung pandawa Solo Baru, Grogol dan simpang lima patung Adipura Sukoharjo.

“Hasil pemantauan arus lalu lintas pada hari pertama pemberlakuan kebijakan pemerintah pusat terkait larangan mudik Lebaran di Sukoharjo masih normal dan cenderung menurun. Kendaraan yang melintas masih didominasi warga lokal. Belum ditemukan pemudik,” ujarnya.

Pemantauan terhadap kemungkinan kedatangan pemudik juga dilakukan Dishub Sukoharjo di terminal bus dan tempat pemberangkatan lainnya. Hal itu dilakukan untuk mengetahui pergerakan penumpang dengan sasaran khususnya pemudik.

Terminal yang dipantau tersebut seperti terminal bus Sukoharjo, Tawangsari dan Kartasura. Sedangkan tempat pemberangkatan penumpang dilakukan seperti di wilayah Carikan, Sukoharjo dimana banyak terdapat agen penjualan tiket bus.

“Dishub Sukoharjo juga memantau arus lalu lintas dengan memantau kamera CCTV yang terpasang disejumlah wilayah. Petugas disiapkan melihat pergerakan kendaraan dari jarak jauh,” lanjutnya.

Toni memperkirakan sepinya arus lalu lintas kendaraan di Sukoharjo pada hari pertama pemberlakuan kebijakan pemerintah pusat terkait larangan mudik karena kepatuhan masyarakat. Kemungkinan lain, karena pemudik sudah lebih dulu datang ke Sukoharjo sebelum pemberlakuan larangan mudik Lebaran.

“Ada kemungkinan lain karena kendaraan pemudik sudah disekat dan tidak bisa masuk Sukoharjo karena ketatnya penjagaan dilakukan petugas dibeberapa daerah. Kendaraan itu diketahui harus putar balik sebelum keluar Jakarta dan mengarah ke Jawa Tengah,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI