Hari Pertama Pemberlakuan Larangan Mudik Lebaran, Lalu Lintas Sukoharjo Masih Normal

Editor: KRjogja/Gus

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Rabu (5/5) mengatakan, Polres Sukoharjo mencatat data angka pemudik yang sudah masuk wilayah Kabupaten Sukoharjo sekitar 1.300 orang lebih mendekati angka 1.400 orang. Data tersebut diperoleh dari 12 Polsek melalui petugas yang diturunkan di 167 desa dan kelurahan di 12 kecamatan.

Keberadaan para pemudik tersebut terus dipantau petugas sejak kedatangan hingga menjalani karantina di rumah. Pemantauan juga dilakukan berkaitan dengan kondisi kesehatan pemudik mengingat mereka datang dari luar daerah dan masuk wilayah Kabupaten Sukoharjo di tengah pandemi virus Corona.

“Angka pemudik yang masuk wilayah Kabupaten Sukoharjo sekitar 1.300 orang lebih mendekati 1.400 orang. Mungkin hari ini bisa tambah lagi sebelum kebijakan pemerintah pusat melarang mudik Lebaran diberlakukan,” ujarnya.

Para pemudik yang sudah masuk wilayah Kabupaten Sukoharjo sekarang masih menjalani karantina di rumah masing masing. Kapolres meminta kepada seluruh jajarannya ikut melibatkan pihak desa dan kelurahan termasuk pengurus RT dan RW membantu pengawasan bersama di lingkungan tempat tinggal pemudik.

Pengawasan dilakukan sesuai dengan kebijakan pemerintah kepada pemudik yang masuk wilayah. Karantina dilakukan selama lima hari awal dan ditambah 14 hari berikutnya apabila disertai gejala mirip virus Corona. Selama karantina para pemudik diminta tidak bertemu dengan orang lain untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Corona. (Mam)

Tim gabungan saat melakukan pemeriksaan kendaraan berpelat nomor luar daerah mengantisipasi pemudik di Pospam Kartasura. (Wahyu imam ibadi)

BERITA REKOMENDASI