Hebat! Galuh Penyandang Low Vision Juara di Malaysia Chees Festival

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Pecatur low vision Gayuh Satria dari Yogyakarta meraih prestasi gemilang dalam Malaysia Chees Festival 2019. Pecatur andalan Nasional Paralympic Commitee (NPC) Indonesia ini berhasil menempati urutan pertama untuk nomor Swiss 9 babak.

Yang membanggakan Gayuh mampu menyingkirkan pecatur pecatur normal. " Malaysia Chees Festival bisa diikuti pecatur normal dan difabel. Ini yang membuat atlet Pelatnas Asean Para Games bisa memanfaatkan untuk try-out," kata Teddy Wiharto, pelatih catur yang didampingi Heri Iaranto, manajer catur di kantor NPC Solo, Jumat (30/8).

Gayuh menempati posisi teratas dengan meraih 7 kali kemenangan dan 2 kali draw. Capaian ini menunjukkan bahwa selama mengikuti Pelatnas terjadi kenaikan signifikan. Ini memberikan harapan untuk meraih target di Asean Para Games Filipina 2020.

Menurut Teddy cabang catur memasang target 10 emas 7 perak 6 perunggu atau mempertahankan gelar juara. Gayuh diberi tugas menggaet 2 emas dari perorangan dan beregu. Peningkatan juga dialami pecatur yang lain. Seperti Bayu Eko Wanto, Tirto dan Maksum Fitdaus.

Teddy menjelaskan ujicoba di Malaysia merupakan yang terakhir. Sebenarnya masih ada satu event tapi waktunya sudah mendekati APG. "Jadi Malaysia terakhir. Nanti kita akan membuat try out sendiri untuk mempertahankan dan mempertajam prestasi yang sudah dicapai."-(Qom)

BERITA REKOMENDASI