Hindari Kerumunan, Penerimaan Berkas BLT UMKM Tanpa Wawancara dan Ceklist

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Penyerahan berkas permohonan bantuan langsung tunai (BLT) UMKM di tahap III tak lagi dibarengi ceklist dan wawancara pemohon oleh petugas Disdagnakerkop Karanganyar. Ini untuk mengantisipasi antrean panjang dan warga berkerumun.

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Didgadnakerkop UMKM Karanganyar, Adolfo Joyce Bau mengatakan petugas mempersilakan pemohon mengumpulkan berkas saja. Di tahap III yang dibuka mulai Senin-Kamis (24-27/8), ceklist dan pemeriksaan berkas dilakukan usai semua berkas masuk.

“Kami tak ingin kembali mengulang antrean membeludak seperti pekan lalu. Sekarang, pemohon masuk saja. Gerbang tidak ditutup. Bawa berkas langsung kumpulkan di meja petugas. Setelah selesai segera pulang,” katanya kepada KR.

Guna meminimalisasi potensi antrean, disiapkan pula petugas di muka gerbang. Masyarakat yang kebingungan dengan mekanisme pendaftaran bisa mengonsultasikannya. Informasi pendaftaran juga ditempel di beberapa sudut halaman kantor. Bagi yang kesulitan mendaftar secara daring bisa berkonsultasi ke petugas di muka halaman.

Hingga penutupan tahap II pada Kamis pekan lalu, tercatat 5 ribu lebih berkas masuk. Itu belum diakumulasi jumlah berkas di tahap I. Di tahap I dan II lalu, waktu wawancara sekitar 5-10 menit menyebabkan antrean panjang. Mulai sekarang, ceklist untuk memeriksa kelengkapan berkas dilakukan oleh petugas usai semua berkas masuk. Kemudian dilanjutkan pengiriman ke tim pemprov dan pemerintah pusat. Verifikasi juga dilakukan tim tersebut.

BERITA REKOMENDASI