Hujan Datang, Kondisi Sungai Jadi Perhatian

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Kondisi sungai dan drainase menjadi perhatian karena rawan menjadi penyebab genangan dan banjir. Sebab tidak sedikit ditemukan masalah berupa tumpukan sampah maupun sedimentasi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Suprapto Rabu (27/9), mengatakan pihaknya mengingatkan kepada masyarakat untuk memperhatikan kondisi sungai dan drainase. Seperti di jalur utama, perkampungan maupun di perumahan. Sungai dan drainase menjadi salah satu kunci penting pembuangan air hujan.

Pada awal musim hujan masyarakat juga diminta untuk tanggap dengan melakukan pembersihan. Cara tersebut dianggap efektif untuk mencegah terjadinya genangan maupun banjir. “Air itu harus mengalir kalau ada sumbatan maka menyebabkan terjadinya genangan dan banjir dilingkungan sekitar,” ujar Suprapto.

BPBD Sukoharjo sudah sering melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tanggap bencana. Salah satunya dengan kegiatan sekolah sungai. Masyarakat diajak untuk peduli terhadap kondisi sungai dan lingkungan.

Khusus untuk sungai BPBD Sukoharjo mencatat ada sejumlah sungai yang sering jadi penyebab banjir. Seperti Sungai Bengawan Solo melintasi wilayah Kecamatan Sukoharjo Kota, Grogol, Polokarto dan Mojolaban. Selain itu ada Kali Samin dan Kali Langsur juga sering menjadi penyebab banjir. (Mam)

BERITA REKOMENDASI