Hujan Deras, Jalan Solo-Sragen Berlobang

SRAGEN (KRjogja.com) – Hujan deras yang mengguyur wilayah Sragen dan sekitarnya beberapa hari terakhir membuat sejumlah ruas jalan utama mengalami kerusakan. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat telah melaporkan kerusakan jalan tersebut ke pemerintah pusat dan berharap segera ada perbaikan. 

Kabid Bina Marga DPU Sragen, Hutomo Ramelan Jumat (30/9) mengatakan, beberapa titik jalan yang rusak berat di antaranya ruas jalan Solo-Sragen, tepat di depan SMP 1 Masaran. Jalan tersebut berstatus jalan nasional. "Kami koordinasi dengan pemerintah pusat terkait kerusakaan jalan di beberapa titik khusus yang berstatus jalan nasional,'' ujarnya.

Menurut Tomi, sapaan akrab Hutomo Ramelan, kerusakan jalan terjadi akibat curah hujan yang mulai tinggi dalam beberapa hari terakhir. Guyuran hujan menyebabkan jalan rusak pecah, bergelombang dan berlubang. Selain itu, ruas Solo-Sragen cukup padat dan jadi jalur utama truk-truk bertonase besar.

Dijelaskan Tomi, beberapa proyek perbaikan dan peningkatan kualitas jalan di Kabupaten Sragen memang menggunakan anggaran Pemkab meski sudah berstatus jalan provinsi. Seperti perbaikan jalan di Pilangsari-Alun-alun, saat ini masih ditangani pemkab Sragen. Dalam proyek tersebut dikucurkan anggaran sampai Rp 2 miliar.  (Sam)

BERITA REKOMENDASI