IKA UNS Terjun Tangani Pandemi Covid 19

Editor: Agus Sigit

SOLO, KRjogja.com -Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS) Solo yang menggelar kegiatan “IKA UNS Peduli Pandemi Covid-19”. Kegiatan selama tiga bulan sudah mulai bergulir Senin (19 /7). Ini bentuk keprehatinan Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung 1,5 tahun dan angka penderita terus mengalami peningkatan.

“IKA UNS menjadikan Solo sebagai pilot project karena mempunyai nilai historis bagi Alumni UNS dan nantinya akan bergulir ke daerah lain,” kata Ir. Budi Harto, Ketua IKA UNS dalam sambutannya dalam Go Live Gotong Royong Bantuan Kemanusiaan Peduli Covid-19 IKA UNS, Jumat (23/7).

Dana kegiatan bersumber dari gotong royong berbagai pihak, yakni dana kas IKA UNS, donasi Alumni UNS, masyarakat umum, dan CSR perusahaan. Sementara Prof. Wimboh Santoso menambahkan munculnya gerakan gotong royong yang dilakukan perguruan tinggi sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo agar masyarakat bahu membahu melawan pandemic Covid-19.

Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho menyatakan UNS sangat mendukung kegiatan ini. Ia berharap program ini bisa bersinergi dengan program yang sudah dicanangkan UNS, yaitu UNS Peduli Covid-19.

Ir. Heri Sosiawan, Ketua IKA UNS Peduli Pandemi Covid-19 menjelaskan program dibuat menyasar sisi hulu dan hilir. “Fokus program hulu adalah sosialisasi dan pendampingan masyarakat pada tingkat RT atau RW dengan mensosialisasikan pemakaian masker, protokol kesehatan, mendorong vaksinasi dengan menggandeng tokoh masyarakat setempat.”

Selain itu, dilakukan pemasangan alat sosialisasi tentang Covid-19 seperti spanduk, banner, brosur dan lainnya yang dipasang di tempat-tempat yang bisa dilihat warga di beberapa wilayah di Kota Solo. Serta bantuan pendampingan kepada aparat kelurahan di Kota Solo melakukan sosialisasi tentang Covid-19 kepada masyarakat.

UNS

BERITA REKOMENDASI