Ikut Student Formula di Jepang, UNS Turunkan ‘Yudhistira’

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo kembali mengikuti Lomba Student Formula 2019 di Jepang. 27-31 Agustus. Tim bengawan bersama mobil formula rakitan yang diberi nama Yudhistira, Senin (12/8) secara resmi dilepas Wakil Rektor 3 Prof Dr Kuncoro Diharjo.

Kompetisi Student Formula dugelar Society of Automotive Engineer (SAE) Jepang, bagian dari Society of Automotive Engineer (SAE) Internasional. Ini merupakan kompetisi Internasional untuk merancang, mendesain, dan memproduksi sebuah mobil balap formula.

"Tahun ini kami kembali berlaga di kompetisi Student Formula Japan 2019. Semoga mobil Yudhistira tidak saja lolos inspeksi awal dan berlaga di kompetisi, tapi juga masuk 20 besar," kata Arkan Prasetyo Nugroho, Ketua Tim Bengawan Formula Student UNS.

Dari Indonesia, selain UNS ada perguruan tinggi lain diantaranya UGM dan UNY Yogyakarta. Arkan menjelaskan untuk pengembangan mobil Yudhistira dibutuhkan dana sekitar Rp 200 juta. Tim yang beràngkat ke Jepang sebanyak 17 orang. Untuk pembelian tiket saja sekitar Rp 400 juta.

Makruf Yanuar, driver mobil Yudhistira menambahkan dirinya sudah mulai berlatih menguasai kendaran selama tiga bulan. Mobil yang dikendarainya berkapasitas 6 liter yang ditarget dapat  menyelesaikan 20 lap. "Yudhistira secara performa lebih unggul dibanding generasi sebelumnya mulai dari bodi lebih ringan."

Prof Kuncoro menjelaskan UNS telah mengucurkan dana sekitar Rp 500 juta untuk mendukung tim Bengawan. Selain itu masih ada dana dari sponsor. Ke depan diharapkan bisa mendapat dana hibah dari Pemkot Solo. "Kami ingin kegiatan ini bisa diintegrasikan dengan riset."-(Qom)

 

UNS

BERITA REKOMENDASI