Imbas Banjir, Harga Cabai di Pasar Tradisional Sukoharjo Naik

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Hujan deras mengakibatkan banjir disejumlah daerah mengakibatkan harga cabai, bawang merah dan bawang putih terus mengalami kenaikan di pasar tradisional di Sukoharjo. Kenaikan belum terlalu signifikan namun terus merangkak naik. Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo melakukan antisipasi lonjakan harga pada Desember-Januari mendatang saat puncak hujan.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo, Jumat (6/11), mengatakan, hujan deras yang mengakibatkan banjir disejumlah daerah berpengaruh pada pasokan dan harga sejumlah bahan pokok pangan seperti cabai, bawang merah dan bawang putih. Kenaikan terjadi karena pedagang pasar tradisional di Sukoharjo masih membutuhkan pasokan petani dari luar daerah.

Kenaikan harga sekarang dikatakan Sutarmo belum terlalu signifikan masih pada kisaran Rp 2.000-3.000 per kilogram. Meski demikian, pihaknya tetap melakukan antisipasi lonjakan harga saat puncak musim hujan Desember-Januari mendatang.

“Kami melakukan pemantauan penuh disemua pasar tradisional baik ketersediaan barang dan harga. Ada beberapa kebutuhan pokok pangan seperti cabai, bawang merah dan bawang putih pada awal November ini merangkak naik dibandingkan akhir Oktober lalu,” ujarnya.

Kenaikan terjadi pada harga cabai rawit merah dimana sebelumnya hanya Rp 15.000 per kilogram, kemudian naik Rp 17.000 per kilogram dan sekarang Rp 20.000 per kilogram.

BERITA REKOMENDASI