Indonesia Butuh Banyak Cyber Security

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Dirjen Pendidikan Tinggi Prof Ir Nizam MSc DIC PhD mengatakan kebutuhan sumber daya manusia di bidang cyber security masih sangat besar, sementara suplai kita masih sangat terbatas. Sehingga perlu mengakselerasi pelatihan-pelatihan ahli cyber security.

“Kita sangat membutuhkan cyber security untuk mengamankan dunia maya yang terus berkembang,” kata Prof Nizam pada peresmian Cyber Security Hub di Solo Technopark, Kamis (16/12/2021).

Selama masa pandemi Covid-19 bisa dirasakan kejahatan beralih ke dunia maya. Karena semua mengandalkan daring. Pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan signifikan tercatat 170-200 juta.

Hal itu diikuti peningkatan serangan cyber. Setiap hari terjadi jutaan serangan dan dalam satu tahun mencapai milyaran.

Dalam kondisi seperti itu kita sangat membutuhkan tenaga cyber security. Kehadiran Cyber Security Hub diharapkan mampu melatih generasi muda sehingga mampu mengisi kebutihan.

Cyber security sangat banyak dibutuhkan karena sampai 19 kompetensi. “Selain itu kami juga berharap para dosen juga mengembangkan riset tentang cyber security,” kata Nizam.

Walikota Gibran sangat mendukung adanya Cyber Security Hub. Karena faktanya sudah banyak pembobolan data seperti di BPJS, sementara di Pemerintah Kota Solo juga sempat diretas. “Jadi generasi muda harus bisa memanfaatkan pelatihan cyber security,” harap Gibran. (Qom)

BERITA REKOMENDASI