Indonesia Raya Tiga Stanza di Sekolah Dilakukan Bertahap

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRjogja.com) – Mulai Tahun Pelajaran 2017/2018 secara bertahap para siswa sekolah di Kota Solo menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan tiga stanza. Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo Etty Retnowati ketika ditemui membenarkan kesiapan realisasi menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza.

"Sekolah akan melaksanakan secara bertahap. Sedangkan untuk upacara bendera masih akan dinyanyikan satu stanza terlebih dulu, sampai nanti jika ada petunjuk lebih lanjut dari pemerintah pusat, " jelas Etty, Rabu (12/7). Realisasi sekolah menyanyikan Indonesia Raya dengan tiga stanza menindaklanjuti instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota  Joko Slameto menjelaskan SMP-SMP negeri sudah berkoordinasi tentang  kesiapan menyanyikan Indonesia Raya dengan tiga stanza. Dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza dilakukan bertahap, yaitu dengan menyanyikan satu stanza terlebih dulu setiap harinya.

Itu mempertimbangkan waktu.Sebab, lanjut kepala SMP Negeri 1 Solo, untuk menyanyikan satu stanza memakan waktu sekitar lima sampai enam menit. Untuk menyanyikan tiga stanza secara bertahap.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh siswa dan guru sebenarnya sudah dilaksanakan saat Mendikbud dijabat Anies Baswedan, sesuai Peraturan Mendikbud No. 23/2016 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Sekitar 15 menit sebelum jam pelajaran diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan, lagu nasional, dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), yakni dengan membaca buku. (Qom)

BERITA REKOMENDASI