Industri Terpuruk Corona, Jumlah Korban PHK Semakin Bertambah

Editor: KRjogja/Gus

Pemantauan dilakukan penuh oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo baik terhadap kondisi industri maupun buruh. Hal itu penting untuk mengetahui perkembangan kondisi masing masing baik pengusaha maupun buruh. Sebab pandemi virus corona sekarang belum diketahui kapan akan berakhir.

Di Sukoharjo sendiri data dari Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo ada ratusan industri berdiri baik skala kecil, sedang dan besar. Di industri tersebut terdapat ribuan buruh bekerja diberbagai sektor. Karena itu, Endang mengatakan apabila ada industri terdampak pandemi virus corona maka dampaknya dirasakan banyak orang.

Khusus untuk buruh terdampak PHK dan dirumahkan mereka mendapat pemantaua penuh agar bisa mengikuti program pemerintah berupa kartu prakerja. Arahan itu dilakukan agar mereka tetap bisa mendapatkan sumber pendapatan bagi keluarga yang dibiayai pemerintah pusat.

Usaha lain juga dilakukan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo kepada masyarakat pencari kerja dengan memberikan bekal pelatihan. Program pelatihan kerja sudah lama dijalankan dengan membuka berbagai kelas seperti menjahit, bengkel, las dan lainnya. Program tersebut diharapkan memberikan bekal kemampuan agar mereka bisa hidup mandiri.

BERITA REKOMENDASI