Insentif GTT Wonogiri Rp 200 Ribu/Bulan

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI (KRjogja.com) – Menyusul minimnya honor guru tidak tetap atau GTT di daerah Wonogiri, DPRD setempat akan membuat Perda yang bertujuan mensejahterakan nasib mereka. Dalam APBD 2016 dianggarkan bantuan bagi GTT sebesar Rp7 miliar. Dari jumlah 4.773 orang GTT tidak semua GTT mendapat  hanya yang memenuhi kriteria seperti jam mengajar.

Ketua Komisi IV DPRD Wonogiri Sriyono SPd, Senin (19/9), mengungkapkan pihaknya menyiapkan Raperda inisiatif Dewan sebagai payung hukum terkait status mereka. "Untuk menyiapkan Raperda penyelenggaraan pendidikan ini kami sudah melakukan hearing (dengar pendapat) dengan perwakilan GTT," ujar Sriyono.

Menurut ketua komisi yang membidangi pendidikan dan kesehatan itu  salah satu poin sangat penting dalam raperda tersebut adalah terkait kepastian keberadaan GTT. Melalui regulasi nantinya akan mendapatkan pengakuan hukum terkait. "Salah satu pasal akan disebutkan bahwa GTT diakui sebagai pendidik. Bunyinya kurang lebih, pendidik Wonogiri adalah guru PNS dan GTT," terang dia.

Terpisah, Ketua Forum GTT Kabupaten Wonogiri, Trias Asmoro. menyambut baik bakal segera dibahasnya raperda inisiatif DPRD terkait penyelenggaraan pendidikan di daerahnya. "Menurut kami, aspirasi GTT sudah terakomodasi. Kami siap mengawal pembahasan raperda tersebut," tutur Trias. Diakui salah satu permasalahan anggotanya adalah gaji atau honor GTT yang hanya Rp 200 ribu per bulan. (Dsh)

 

BERITA REKOMENDASI