Interaksi Terus Didorong, Babinkamtibmas Wajib Blusukan

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Polres Sukoharjo meminta kepada seluruh anggota Bintara Pembina Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) di 12 Polsek untuk blusukan ke rumah warga. Hal itu dilakukan untuk mendekatkan anggota dengan masyarakat dan mengetahui kondisi lapangan. Masyarakat juga diminta aktif mengawasi kerja babinkamtibmas. Apabila ada temuan anggota Babinkamtibmas tidak aktif maka dipersilahkan melapor ke Polres Sukoharjo.

Kasubag Humas Polres Sukoharjo AKP Joko Sugiyanto, Rabu (4/10/2017) mengatakan, Babinkamtibmas sudah terjun blusukan ke rumah warga sejak beberapa bulan. Mereka diminta aktif turun ke lapangan berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Blusukan Babinkamtibmas ke rumah warga bukan tanpa alasan karena mereka sekaligus menempelkan stiker. Total ada 37.005 stiker disiapkan untuk ditempel di rumah warga. Sampai sekarang tercatat ada 27.935 stiker ditempel di rumah warga.

Stiker ditempelkan Babinkamtibmas di rumah warga sebagai tanda pernah dikunjungi anggota. Selain itu juga menjadi tanda wilayah tugas anggota.
Data dari Polres Sukoharjo jumlah terbanyak kepala keluarga (KK) jadi sasaran Babinkamtibmas berada di Kecamatan Kartasura sebanyak 35.575 KK. Sedangkan paling sedikit di wilayah Kecamatan Bulu 12.651 KK.

“Secara bertahap anggota Babinkamtibmas menyambangi rumah warga dan menempelkan stiker,” ujar AKP Joko Sugiyanto.

Saat mendatangi rumah anggota Babinkamtibmas melakukan interaksi dengan pemilik dan warga sekitar. Anggota melakukan pendataan seperti tentang kesehatan, perekonomian dan informasi lain di lingkungan tersebut.

Hal itu penting sebagai bagian dari pendataan untuk Polres Sukoharjo terhadap kondisi wilayah tugas. Apabila terjadi sesuatu di masyarakat maka bisa segera diselesaikan.

“Warga bisa berkomunikasi langsung dengan Babinkamtibmas karena pada stiker yang ditempel tertera nomor telepon penting Polres Sukoharjo,” lanjutnya.(Mam)

 

BERITA REKOMENDASI