Investasi Besar Pendidikan, PAUD Miliki Peran Besar Bagi Negara

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRjogja.com – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran sangat penting dan investasi besar pendidikan dimasa depan bagi negara. Pemkab Sukoharjo sudah memberikan perhatian besar dalam pengembangan PAUD. Seperti dilakukan dengan pengukuhan Pokja PAUD Tingkat Kabupaten dan pengukuhan Bunda PAUD Tingkat Kecamatan serta penguatan Kapasitas Bunda PAUD Tingkat kecamatan/kelurahan/desa se Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan digelar di pendapa Graha Satya Praja (GSP) Pemkab Sukoharjo dipimpin Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Senin (27/12).

Etik Suryani mengatakan, pandangan akan pentingnya periode anak usia dini sebagai penentu perkembangan seseorang di usia dewasa sudah nyata diakui secara internasional. Dalam kesepakatan pembangunan dunia yang berkelanjutan atau dikenal dengan sustainable development goals (SDGs) akses dan kualitas pendidikan dan perkembangan anak usia dini menjadi salah satu target prioritas dari tema ke-4 SDGs yaitu quality education atau pendidikan berkualitas dan maknai sebagai persiapan melanjutkan pendidikan di jenjang selanjutnya.

Hal ini semakin menguatkan pandangan yang mempercayai bahwa investasi dalam pendidikan khususnya PAUD merupakan faktor penting bagi sebuah negara agar dapat bersaing di era globalisasi. Pandangan global ini tercermin dari pengakuan berbagai pemerintah di dunia akan pentingnya fungsi dan peran PAUD.

Pengembangan PAUD terus dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan orang tua, keluarga dan masyarakat yang memerlukan perluasan akses dan peningkatan mutu layanan PAUD berkualitas. Sebagai bagian dari kebijakan tersebut, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah mencanangkan gerakan nasional PAUD berkualitas sejak 19 Maret 2015. Dukungan, partisipasi dan peran serta masyarakat khususnya peran isteri kepala pemerintah dan kepala daerah sangatlah diharapkan. Peran Bunda PAUD sebagai penggerak utama diharapkan dapat menggerakkan semua pihak untuk mewujudkan gerakan nasional PAUD berkualitas melalui kepedulian dan pemberdayaan peran serta masyarakat.

Pemkab Sukoharjo telah menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 57 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik-Integratif untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut membutuhkan dukungan dari berbagai pihak yang terkoordinasi dalam kelompok kerja Bunda PAUD Tingkat Kabupaten yang terdiri atas beberapa organisasi perangkat daerah yang terkait dengan layanan dasar pada anak usia dini yaitu pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan.

“Salah satu pemangku kepentingan yang juga dipandang memiliki peran strategis dalam mendorong upaya menciptakan penyelenggaraan PAUD berkualitas dengan layanan holistik integratif adalah Bunda PAUD Tingkat kecamatan/kelurahan/desa,” ujarnya.

Keberadaan Bunda PAUD sangatlah penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumberdaya yang ada di wilayahnya. Bunda PAUD merupakan sebuah kedudukan sukarela yang dilandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang, sehingga menjadi lokomotif untuk mendorong segenap elemen dalam masyarakat. Bunda PAUD diharapkan dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di wilayahnya masing-masing yang memiliki potensi untuk mengembangkan PAUD yang berkualitas dengan layanan holistik integratif.

“Bunda PAUD diharapkan dapat bekerjasama dengan semua elemen masyarakat agar penyediaan layanan PAUD menjadi optimal,” lanjutnya.

Selain itu, Bunda PAUD juga berperan menjadi fasilitator dan motivator dalam melibatkan peran serta seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan penyelenggaraan PAUD berkualitas. Disamping itu, secara khusus kepada Bunda PAUD desa diharapkan mampu mendorong pemanfaatan dana desa dalam rangka pembinaan dan pengembangan PAUD berkualitas dengan layanan holistik integratif di wilayah desanya.

“Pada tahun 2017 telah ditandatangani komitmen bersama bupati dan seluruh camat se Kabupaten Sukoharjo untuk secara bersama-sama penuntasan wajib PAUD satu tahun pra sekolah dasar. Komitmen ini diharapkan mampu menjadi energi positif Bunda PAUD kecamatan Bunda PAUD kelurahan/desa agar selalu mendorong warga masyarakat yang memiliki anak usia 5-6 tahun memberi kesempatan putra/putrinya mendapat layanan PAUD berkualitas minimal selama satu tahun pra sekolah dasar dengan tujuan menyiapkan anak secara sosial, emosional, dan motorik dalam beradaptasi dengan lingkungan belajar di jenjang pendidikan dasar,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI