Jadi Lokasi Pameran Produk Unggulan, Isoter Pasien Covid-19 Dibongkar Sementara

Editor: Agus Sigit

KARANGANYAR, KRjogja.com – Tempat isolasi terpusat (isoter) pasien Covid-19 tanpa gejala di Gedung Wanita Karanganyar dibongkar. Lokasi tersebut akan dipakai pameran produk unggulan dalam rangka HUT ke-104 Kabupaten Karanganyar.

Ditemui di Gedung Wanita, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Bagoes Darmadi mengatakan pemindahan sarana rawat inap di isoter tersebut bersifat sementara.

“Setelah pameran nanti, akan dikembalikan lagi ke sini. Pada prinsipnya kita tidak akan lengah menangani kasus,” katanya kepada KR, Rabu (20/10).

Sebanyak 100 bed rangkaian besi dipindahkan ke gudang BPBD di Bejen. Paket bed meliputi kasus busa, dipan besi, bantal, selimut dan sprei. Sarana rawat inap tersebut bantuan dari BNPB. Saat itu, Pemkab Karanganyar mendapat bantuan 500 unit.

“Kita memiliki 3 isoter yakni di BLK Karangpandan, Gedung Wanita dan gedung bekas SMPN 2 Kerjo. Nah, jika ada pasien baru, bisa ke dua isoter lain atau langsung ke RS. Lagipula BOR untuk pasien Covid-19 di RS rujukan sudah berkurang drastis. Mereka bisa dirujuk kesana. Angka kasus juga turun sampai 45 aktif per hari ini,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, sukarelawan tenaga kesehatan yang dikontrak Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar untuk melayani di isoter sudah ditarik ke puskesmas.

“Di isoter Kerjo dan BLK juga sudah kosong. Pasien terakhir tercatat di Gedung Wanita pada 5 September lalu. Sampai sekarang isoter ini kosong,” jelasnya. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI