Jaga Kamtibmas, Polres Deklarasi Bersama Ormas

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Dalam rangka memelihara Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), Polres Karanganyar menggelar apel seluruh ormas dan deklarasi bersama di ruas Jalan Lawu. Ikrar berisi penciptaan kondusivitas tanpa terpengaruh persinggungan bersifat pribadi maupun golongan.

Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi seusai apel bersama mengatakan bahwa kegiatan itu menghadirkan seluruh ormas, komunitas hingga relawan kebencanaan. 

"Semua ormas kita imbau untuk berkomitmen bersama menjaga kedamaian. Ini langkah awal untuk menjaga kerukunan baik ormas dan umat beragama yang ada di Karanganyar," katanya. 

Apel bersama Hari Kamtibmas dipimpin Bupati Karanganyar Juliyatmono, didampingi Kapolres dan Dandim 0727 Karanganyar Letkol inf Andi Amin Latama. Apel yang digelar pada Sabtu pagi juga ditandai  penandatanganan komitmen bersama antar ormas untuk menjaga dan memelihara keamanan ketertiban masyarakat di Karanganyar. Komitmen dituangkan di lembaran spanduk yang ditandatangani ketua ormas masing masing dan pimpinan forkompimda. 

Bupati, Dandim dan Kapolres yang menjadi pembina upacara bersama-sama mengatakan, rasa aman adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Jika tidak, maka manusia akan berada dalam situasi bergolak.

‘’Karena itu kebutuhan akan kamtibmas harus terus dilakukan, dipenuhi oleh siapapun, dan bukan pekerjaan polisi dan tentara saja untuk terciptanya rasa aman itu. Setiap individu harus memberikan sumbangsih agar rasa aman itu selalu ada," kata Bupati.
Sedangkan Kapolres meminta antarkelompok berselisih mengakhiri prahara.  

"Biarlah semua itu berlalu dan ditutup lembarannya, serta menciptakan lembaran yang baik, sesuai kesepakatan yang sudah diucapkan bersama tadi. Jadikan masa lalu jadi pelajaran berharga," katanya. (Lim)
 

BERITA REKOMENDASI