Jalan Beradab Andalan Karanganyar

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Pemkab Karanganyar optimistis meraih kembali piala Wahana Tata Nugraha (WTN) 2016 dalam penilaian tahap kedua dan ketiga tahun ini oleh tim pemerintah pusat. Melalui konsep Jalan Beradab, inovasi tertib dan santun berlalu lintas diunggulkan.

Bupati Karanganyar Juliyatmono menerangkan, konsep Jalan Beradab yang diterapkan di Jalan Raya Lawu mulai simpang empat Papahan sampai simpang lima Tegalgede menitikberatkan pada perbaikan sikap pengguna jalan.
"Mereka disarankan tidak membunyikan klakson, memakai knalpot blong, ugal-ugalan dan mendahulukan hak pejalan kaki. Pelebaran ruas jalan utama di Kabupaten Karanganyar ini juga untuk mengakomodasi seluruh kepentingan mulai pengendara kendaraan bermotor, pejalan kaki sampai pelaku UMKM," kata Juliyatmono.

Menurut Bupati mulai dari Papahan sampai arah Bejen dijadikan Jalan Beradab. Kanan dan kiri jalan dicat, dilengkapi lampu-lampu penerangan, pengecatan zona-zona untuk penyeberangan dan dilengkapi CCTV. Selanjutnya mempersilakan tim dari Kementrian Perhubungan menilai kepantasan daerahnya meraih kembali piala WTN yang selama ini dipertahankan sampai empat kali.  Termasuk memberikan masukan, bimbingan dan arahan idealisme berlalu lintas.  (M-8)
 

BERITA REKOMENDASI