Jalan di Sukoharjo Siap Dipakai Mudik Lebaran

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Jalan utama di Sukoharjo siap dipakai untuk jalur mudik lebaran. Pemudik tidak akan menemui kendala saat melintas. Sebab tidak ada pengerjaan proyek besar yang dikerjakan sekarang. Pembenahan hanya dilakukan dengan penambahan rambu petunjuk arah untuk mempermudah pemudik.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Suraji, Kamis (5/4) mengatakan, semua jalan di Sukoharjo siap untuk jalur mudik. Kesiapan diketahui setelah petugas melakukan persiapan disemua wilayah. Mulai dari jalur utama di tengah kota sampai alternatif di wilayah pinggitan dan perbatasan. Hasilnya jalan dalam keadaan baik dan siap dilintasi.

Pembenahan kecil dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo dengan penambalan. Hal itu dilakukan mengingat ada beberapa titik jalan rusak ringan setelah ditemukan lubang dampak dari terjadinya genangan air dan banjir saat hujan.

Penambalan jalan diperkirakan segera selesai sebelum akhir bulan April ini. Selanjutnya siap dipakai untuk jalur mudik lebaran.

"Jalur mudik lebaran tahun ini lebih siap dan dijamin lebih lancar. Semua infrastruktur dalam kapasitas kami sudah siap baik jalan dan jembatan," ujar Suraji.

Jaminan diberikan mengingat semua infrastruktur telah siap pakai dilintasi kendaraan pemudik. Pada tahun ini tidak ada pengerjaan proyek jalan dan jembatan dalam skala besar. Proyek tersebut telah diselesaikan pada tahun lalu. Seperti Jembatan Lengking Bulu dan pegecoran jalan di wilayah Nguter dan Dukuh Sukoharjo Kota.

Suraji menjelaskan, infrastruktur jalan di wilayah selatan Sukoharjo meliputi Kecamatan Tawangsari, Weru dan Bulu sudah siap. Jalan disana sudah lama siap pakai karena menggunakan sistem cor beton.

"Catatan kami sekarang masih ada pengerjaan proyek perbaikan talud di ujung jembatan Bacem di Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol tapi itu pengerjaan Bina Marga Provinsi Jawa Tengah. Kami harap itu segera diselesaikan karena juga akses itu dipakai untuk jalur mudik lebaran," lanjutnya.

Kesiapan jalur mudik ditambahkan Suraji di wilayah utara Sukoharjo meliputi Kecamatan Baki, Gatak dan Kartasura. Sebab jalan disana dipakai sebagai jalur alternatif dari Yogyakarta ke Sukoharjo dan Solo.

"Underpass Makamhaji, Kartasura juga kami pantau sudah siap dilintasi kendaraan terlebih lagi kemarin baru saja selesai diperbaiki," lanjutnya.

Kepala Dinas Perhubungan Sukoharjo Djoko Indrianto mengatakan, jalur mudik lebaran sudah siap. Meski lebaran masih lama sekitar tiga bulan lagi terhitung April sampai Juni nanti tapi seluruh persiapan telah dilaksanakan. Koordinasi terus diintensifkan khususnya berkaitan dengan infrastruktur yakni jalan dan jembatan. Hal itu penting karena menjadi bagian penting dalam kelancaran arus mudik.

Persiapan lain juga akan dilakukan berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan rambu untuk mempermudah pemudik dan masyarakat umum saat melintas di Sukoharjo. Pemasangan rambu tambahan akan dilaksanakan paling lambat dua minggu sebelum lebaran.

"Kami juga akan memaksimalkan keberadaan kamera CCTV yang sudah terpasang disejumlah wilayah. Selain itu Dishub Sukoharjo juga menyebar petugas membantu pengaturan lalu lintas kendaraan," lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI