Jalan Utama Jumantono-Matesih Tertutup Longsor

KARANGANYAR,KRJOGJA.com – Longsor tebing menutup jalan utama Matesih-Jumantono KM 1 di Dusun Temulus, Desa Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono, Sabtu (2/3) pukul 17.30 WIB. Lalu lintas kendaraan di area terdampak dialihkan ke rute lain. 
 
"Hujan deras memicu longsor tebing. Untuk sementara jalurnya enggak bisa dilewati. Jalannya tertutup material longsor dan batang-batang bambu," kata Sekretaris BPBD Karanganyar, Hendro Prayitno kepada wartawan, Sabtu malam. 
 
Tebing itu berada di halaman warga setempat bernama Karyo Diono (75). Lantaran pembersihan material longsor tebing tak memungkinkan dikerjakan segera, maka kerja bakti ditunda Minggu (3/3) pagi. Untuk sementara, dipasang tanda larangan melintas di lokasi untuk menghalau kendaraan lewat. Pengerjaan yang ditunda juga untuk menghindari jika longsor susulan melukai penduduk yang sedang bekerja bakti. Sementara itu pada Minggu siang, jalan utama tersebut mulai bisa dilewati kendaraan bermotor roda dua dan empat usai material longsoran dibersihkan. 
 
Hendro mengatakan masyarakat diminta lebih waswas lantaran potensi longsor susulan bisa lebih berbahaya karena curah hujan masih intens tinggi.
Kapolsek Jumantono AKP Joko Haryoto mengatakan kerja bakti melibatkan sukarelawan dari kepolisian, koramil, BPBD, SAR dan PLN. Petugas biro teknik listrik (BTL) memastikan dulu listrik tidak mengalir selama pemangkasan pohon bambu yang tersangkut di kabel. Tanda larangan melintas terpasang selama kerja bakti puluhan personel. Ia mengatakan pengalihan jalur diberlakukan untuk menyeterisasi lokasi kerja bakti. 
 
"Pohon dan lumpur cukup banyak yang menutup jalan. Sehingga kami memakai alat bantu dan secara manual. Untungnya longsor kemarin tidak menimbulkan korban," katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI