Jamaah Haji Sukoharjo Dijadwalkan Pulang Mulai 24 September

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Jamaah haji asal Kabupaten Sukoharjo dijadwalkan pulang kembali ke tanah air pada 24 dan 29 September mendatang. Seluruh jamaah haji dalam kondisi sehat dan semuanya sudah melaksanakan serangkaian ibadah di tanah suci.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo Imam Waladi, Sabtu (17/9) mengatakan, pihaknya terus memantau mengenai perkembangan kondisi seluruh jamaah haji asal Kabupaten Sukoharjo. Para jamaah sekarang dalam keadaan sehat semuanya. Kalaupun ada yang sakit lebih disebabkan karena faktor kelelahan fisik setelah melaksanakan serangkaian ibadah.

Total ada 450 jamaah asal Kabupaten Sukoharjo berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini. Mereka terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter). Untuk kloter 17 mereka akan tiba ke tanah air pada 24 September. Sedangkan kloter 55 dijadwalkan 29 September mendatang. Seluruh rombongan jamaah kemungkinan akan tiba di bandara Adi Soemarmo Solo pada sore hari. Selanjutnya akan diangkut menggunakan bus menuju ke Sukoharjo.

Kemenag Sukoharjo terus berkomunikasi dengan sejumlah pihak baik dari pihak panitia lokal, petugas di embarkasi haji Donohudan dan tim pendamping. Hal itu dilakukan untuk mengetahui setiap perkembangan berita mengenai kondisi terakhir para jamaah. “Seluruh ibadah wajib telah selesai dilaksanakan para jamaah haji Sukoharjo. Sambil menunggu jadwal kepulangan para jamaah haji bisa melaksanakan ibadah lain,” ujar Imam Waladi.

Para jamaah selama menunggu kepulangan juga diwajibkan selalu berkoordinasi dengan pimpinan rombongan dan panitia setempat. Hal itu dilakukan untuk menjamin kondisi baik kesehatan fisik maupun menjaga dari masalah tersesat atau hilang dari rombongan. Sebagai antisipasi hilang atau tersesat para jamaah haji asal Kabupaten Sukoharjo juga sudah dilengkapi dengan jaket sebagai indentitas diri. Jaket tersebut diberi kelengkapan nama daerah dan pemiliknya. Dengan demikian apabila terjadi sesuatu diharapkan bisa segera mendapat pertolongan dari petugas setempat.

“Kondisi cuaca disana sangat panas jadi jamaah juga kami minta mematuhi arahan petugas dan terus minum meski tidak haus untuk menghindari dehidrasi,” lanjutnya. Kesehatan para jamaah haji juga menjadi perhatian serius Kemenag Sukoharjo setelah pulang. Nantinya usai turun dari pesawat di bandara seluruh jamaah haji akan kembali menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI