Jampi Beras Kencur, Jamu Cantik Tanpa Pengawet dari Karanganyar

Editor: Ivan Aditya

NAMA Jampi yang artinya jamu atau obat tradisional Jawa dijadikan merek jualan minuman gula asem dan beras kencur produksi rumah tangga dari seorang warga Karanganyar bernama Martha Prasetya Ningrum. Wanita cantik berjilbab yang kesehariannya bekerja sebagai pustakawan di SMPN 1 Karanganyar dan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) ini memproduksi sendiri Jampi dari bahan-bahan yang mudah didapat di pasar tradisional.

Racikan gula asem dan beras kencur diakrabi masyarakat tradisional yang diyakini berkhasiat menjaga kebugaran tubuh, terlebih saat masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini masyarakat makin mengutamakan pencegahan terjangkit penyakit dengan mengonsumsi obat alami. Selain itu dua jenis jamu tradisoanl tersebut juga dipercaya melembutkan kulit sehingga membuat para perempuan menjadi tambah cantik.

Di rumah produksinya, dua jenis minuman herbal itu diracik sesuai takaran yang diajarkan ibu mertuanya. Sang mentor mengakrabi ramuan tradisional dari lingkungan Keraton Kasunanan Surakarta.

“Semua bahan kami tumbuk. Dengan proses lama perebusan bahan baku, sehingga semua sari-sarinya dapat terurai sempurna,” kata Martha kepada KRJOGJA.com.

BERITA REKOMENDASI