Jangan Keburu Nikah, Tersedia 2 Ribu Lowongan

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Lulusan sekolah kejuruan berkesempatan kerja ke luar negeri dengan upah menggiurkan. Salah satunya lowongan kerja di perusahaan asal Malaysia pembuat printed circuit board (PCB).

Bupati Karanganyar Juliyatmono di hadapan ratusan lulusan SMKN 1 mengatakan lowongan itu tersedia 2.000 posisi. Informasi itu didapatkannya usai mengunjungi kawasan industri di Negeri Jiran, beberapa waktu lalu.

"Baru saja, 40 lulusan SMK di Karanganyar berangkat ke Malaysia. Mereka diterima bekerja di perusahaan pembuat PCB. Dibutuhkan masih banyak lagi pegawai, sekitar 2 ribu orang. Untuk itu silakan mendaftar ke Dinas Perdagangan karena Pemkab menjalin kerjasama dengan perusahaan asing itu,” kata Bupati Juliyatmono saat memberi sambutan di pelepasan tamatan peserta didik SMKN 1 Karanganyar di Gedung Wanita, Rabu (03/05/2017).

Dalam kesempatan itu, bupati menyebut upah bekerja bidang formal di perusahaan asing berlipat ganda jika dibanding bekerja di dalam negeri. Untuk lulusan SMK, bisa mencapai Rp 7,5 juta per bulan dengan durasi kerja delapan jam per hari. Pendaftar kerja akan dilatih dulu sebelum dipekerjakan dua tahun masa kontrak. Ia mempersilakan tamatan sekolah kejuruan mencari informasi di Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM. 

Di hadapan para orangtua siswa, mereka diminta iklas melepas buah hatinya agar bisa mandiri. Menurutnya, keberhasilan perlu dirintis sejak usia remaja. "Mereka yang dibutuhkan bekerja di sana berusia maksimal 18 tahun. Mendaftar gratis. Tidak dipungut biaya dan difasilitasi dinas terkait,” katanya lagi. (R-10)

BERITA REKOMENDASI