Jatah Kartu Pra Kerja Terbatas, Para Korban PHK Ayo Segera Daftar

Secara teknis, manfaat Kartu Pra Kerja bagi pesertanya adalah mendapatkan biaya pelatihan guna meningkatkan dan mengasah bakat serta keterampilan diri. Melalui hal ini, kelompok sasaran diharapkan mendapat bekal atau tambahan ilmu untuk mendapatkan pekerjaan sesuai keterampilan.

Sementara itu hingga Rabu (8/4), dinasnya disodori data empat korban PHK dari PT Pamor dan PT Kinarya Tunas Artha. Kemudian 1.414 orang diliburkan tanpa upah atau dirumahkan dari PT Pamor, PT Duta Sarana Perkasa, PT PAN Rama Vista Garment, PT Agra Kencana Gita Cemerlang dan P3MI Risaldy.

“Dari 600 perusahaan di Karanganyar, baru beberapa yang mentetorkan data karyawan ter-PHK dan dirumahkan. Padahal kami sudah menghubungi HRD dan serikat pekerjanya,” katanya.

Seorang buruh yang dirumahkan, Arif Adi mengaku akan mendaftar di Kabupaten Wonogiri. Pria asal Kota Gaplek itu sudah dirumahkan selama sepekan dari perusahaannya di Jaten Karanganyar.

“70 persen pegawai dirumahkan. Enggak tahu apakah akan dipanggil lagi ataukah tidak. Belum setahun kerja. Ini juga tidak diberi pesangon. Tidak tahunya, daftar kartu pra kerja du dinas tenaga kerja Karanganyar enggak bisa. Harus sesuai KTP,” katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI