Jelang Masa Jabatan Berakhir, Anggota Dewan Malas-malasan

SRAGEN, KRJOGJA.com –  Sejumlah anggota DPRD Sragen yang tidak terpilih kembali hasil Pileg lalu, diketahui sudah malas-malasan di sisa masa jabatan yang akan berakhir Agustus mendatang. Hal ini terlihat dari berbagai agenda dewan yang digelar, para petahana wakil rakyat yang kalah bertarung di Pileg, tidak pernah terlihat.

Seperti saat agenda halal bihalal keluarga besar DPRD yang dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Selasa (25/6), sejumlah petahana yang tidak terpilih juga tidak datang. Dari 45 anggota DPRD Sragen, ada sebagian yang tidak hadir di halal bihalal. Termasuk sejumlah anggota DPRD petahana yang gagal terpilih kembali seperti Sunardi, Subandono, Suharjo, Dwi Agus Setyani, Atik Sri Hartati, Heru Agus dan beberapa nama petahana gagal lainnya, juga tidak hadir di acara rutin tahunan usai Lebaran itu.  "Yang jelas semua anggota dewan sudah kami undang. Kalau ada yang tidak datang, saya tidak tahu persis alasannya," ujar Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto.

Termasuk tidak hadirnya para petahanan yang gagal, Bambang mengaku tidak tahu penyebabnya. Bambang hanya berharap semua wakil rakyat bisa menyelesaikan tugas dan kewajibannya sampai masa jabatan berakhir pada Agustuan mendata. "Kalau untuk pelantikan anggota DPRD Sragen terpilih periode 2019-2024 dijadwalkan digelar pada 12 Agustus 2019 mendatang," jelasnya.

Menurut Bambang, pelantikan para wakil rakyat hasil Pileg 17 April 2019 itu nantinya akan digelar di DPRD dan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) setempat. Pelantikan juga akan dihadiri Forkompimda Sragen serta tamu undangan lain, seperti ketua partai politik (Parpol) dan jajaran KUP serta Bawaslu.

Sementara, Ketua KPU Sragen, Minarso mengungkapkan, pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu baik Pileg dan Pilpres memang sudah selesai. Namun untuk penentuan dan penetapan Caleg terpilih nantinya masih menunggu pengumuman dari KPU RI. "Kewenangan KPU kabupaten hanya melakukan pleno penghitungan suara. Sedangkan penentuan Caleg dan penetapan Caleg terpilih, kewenangan penuh ada di KPU RI," ujarnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI