Jelang Pelantikan, ‘Anggota Dewan’ Ikuti Karnaval Pembangunan

KARANGANYAR, KRJOGJA.com -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karanganyar mengenalkan para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih periode 2019-2024 ke masyarakat di karnaval pembangunan. Wajah para anggota dewan tercetak di topeng yang dipakai model rombongan karnaval.

“Sebanyak 45 orang yang terlibat dalam pawai itu mengenakan topeng wajah anggota DPRD Karanganyar periode 2019-2024. Itu supaya masyarakat antusias mengenali wakil rakyatnya,” kata Komisiner KPU Karanganyar Divisi Teknis, Muhammad Maksum, Selasa (27/8)

Menurut Maksum, dengan adanya gambar wajah, masyarakat bisa melihat sekaligus mengenali wajah dan nama anggota DPRD Karanganyar. Baik itu yang lama atau yang baru.

“Ini dalam rangka mensosialisasikan kepada masyarakat Karanganyar,” ungkapnya.

Kontingen KPU selain mengarak para ‘anggota dewan’ juga memamerkan mobil hias replika perahu berjangkar di Karnaval Pembangunan pada Sabtu (24/8). Di atapnya terpasang maskot KPU, sang Sura. Selain memampang topeng wajah anggota DPRD, juga dilengkapi dengan partai pengusung dan Daerah Pemilihannya (Dapil). Maksum mengungkapkan, rombongan pawai yang melibatkan sekitar 50-60 peserta itu juga menghibur warga dengan menyanyikan lagu bertema kritik sosial.

“Sepanjang pawai juga menyanyikan lagu Iwan Fals berjudul Surat Buat Wakil Rakyat. Harapannya wakil rakyat nantinya bisa merakyat,” terangnya.

Sekwan Karanganyar, Sujarno mengatakan sejumlah persiapan juga sudah dilakukan untuk melantik 45 anggota DPRD terpilih periode 2019-2024. Bahkan sebanyak 45 caleg terpilih telah melakukan gladi bersih pelantikan. Caleg terpilih akan dilantik di Gedunmg DPRD pada 28 Agustus 2019.

“Pelantikan ini sesuai dengan jadwal yang kita tetapkan. Pengambilan sumpah jabatan tersebut, akan dilakukan dalam sidang paripurna istimewa terbuka,” katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI