Jelang Pemilu, GP Ansor Buka Sekolah Politik

Editor: Ary B Prass

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – GP Ansor Kabupaten Karanganyar menyiapkan para warga Nahdliyin menyukseskan pemilu 2024. Edukasi berpolitik sudah disiapkan sejak dini. Hal itu mengemuka dalam silaturahmi sekaligus audiensi pengurus GP Ansor Karanganyar ke kantor KPU setempat, Kamis (24/3/2022).
“Ke depan akan menyelenggarakan sekolah politik bagi warga Nahdliyin Karanganyar. Kemungkinan setelah hari raya Idul Fitri. Tujuannya mendongkrak partisipasi masyarakat. Ansor punya prinsip Alwathoniyah atau persaudaraan bangsa. Kita ingin memberi sumbangan pemikiran juga ke penyelenggara pemilu. Misalnya bagaimana menata agar tidak mengulang insiden 2019, dimana banyak penyelenggara pemilu meninggal dunia dan sakit karena kelelahan,” kata Ketua Pengurus Cabang GP Anshor Karanganyar, Rosidi.
Dalam audiensi itu, Ansor menyampaikan audiensinya sengaja ke pemangku kebijakan pemilu, yakni KPU. Organisasi ini memastikan bakal solid menyukseskan pemilu 2024. Ansor berharap sekolah pendidikan politiknya didukung para para komisioner di KPU maupun personel di bidang tersebut.
Ia meyakini penyelenggara pemilu bakal membutuhkan sokongan ide dan gagasan dari berbagai pihak demi kelancaran pemilu. Warga Nahdliyin, lanjutnya, siap menjadi garda terdepan dalam menciptakan pemilu secara jujur, adil dan demokratis.
Lebih lanjut dikatakan, organisasinya siap mengawal proses demokrasi di Indonesia. Parpol idealis menurut Ansor adalah yang berkontribusi positif bagi NKRI serta mengamankan ideologi. Hal itu bukan berarti Ansor berafiliasi ke parpol tertentu.
“Ansor di bawah NU yang tidak akan memihak parpol A, B atau C. Selama memberi kemanfaatan, pasti bersama kita dukung. Namun sikap politik individu hak masing-masing,” katanya.

BERITA REKOMENDASI