Jelang Pilkada, IKP Dipetakan

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Karanganyar memetakan daerah rawan kisruh pemungutan suara akibat perbuatan curang maupun bentrok massa pendukung. Pemetaan itu didasari perkembangan terkini maupun pengalaman kisruh pada pemilu sebelumnya.

Ketua Panwaslu Karanganyar, Kustawa Esye mengatakan beberapa wilayah masuk peta rawan konflik. Seperti di Mojogedang, dimana wilayah ini sempat penyelenggarakan pemungutan suara ulang pemilu. Di sana juga dilaporkan dugaan praktik pelanggaran berupa politik uang dan kampanye hitam.

"Pemetaan ini diperlukan untuk mengantisipasi kejadian serupa terulang lagi pada pemilihan gubernur dan bupati serentak 2018. Potensi kerawanan yang dipetakan itu bermacam-macam, dari kerawanan secara kewilayahan, maupun kasus-kasus yang pernah pernah muncul. Baik di kecamatan, maupun di tingkat desa/kelurahan,” kata Kustawa kepada KRJOGJA.com, Minggu (3/12/2017).

Pemetaan serupa juga dilakukan Panwaslu di seluruh Indonesia. Peta yang tersaji dalam keperluan itu memudahkan instansi terkait menindaklanjuti. Hasil pemetaan di tingkat kecamatan, selanjutnya dihimpun di Panwaslu kabupaten, untuk kemudian dilaporkan ke provinsi dan pusat.

“Panwaslu pusat rencananya akan me-launching Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) secara nasional pada 28 November mendatang. Launching di tingkat provinsi dan kabupaten nanti menyusul,” ujarnya.

Sementara itu Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto mengatakan, setiap paslon bupati maupun wakil yang nantinya akan ditetapkan oleh KPU, akan mendapatkan pengawalan secara melekat selama 24 jam oleh dua personil polisi. Pengamanan ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita akan melakukan pengawaan melekat kepada paslon, baik bupati maupun wakil bupati. Pengamanan mulai kita lakukan setelah adanyapenetapan paslon dari KPU," terang Kapolres.

Ia berharap, dalam pelaksanaan pilkada karanganyar yang bersamaan dengan pemilihan gubernur (pilgub) Jawa tengah, dapat berjalan aman dan kondusif, serta sesuai dengan aturan yang berlaku. (Lim)

BERITA REKOMENDASI