Jelang SOTK Baru, Seluruh Pejabat Dites Ulang

SRAGEN (KRjogja.com)  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen bakal menggelar fit and proper test serentak untuk semua pejabat eselon II, III dan IV. Penilaian dan tes dilakukan dalam rangka persiapan pengisian jabatan Stuktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru yang akan berlaku 1 Januari 2017 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto kepada wartawan, Jumat (04/11/2016) mengatakan, penilaian atau assessment melalui fit and proper test tersebut berlaku untuk seluruh pejabat. "Tidak hanya eselon II, tes juga akan diterapkan bagi semua pejabat eselon III dan IV. Tes untuk mengetahui bagaimana kemampuan personal, sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas," ujarnya.

Menurut Tatag, tes akan digelar oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dengan pelaksanaan yang melibatkan panitia seleksi (pansel) yang terdiri dari berbagai unsur. Mulai dari unsur akademisi, tokoh masyarakat, dan dari unsur pemerintah. "Kapan tes akan digelar, tentunya secepatnya menyesuaikan situasi dan kebijakan bupati," jelasnya.

Disinggung kapan pelantikan pejabat eselon untuk SOTK baru, Tatag menyebut bahwa pelantikan itu sangat tergantung dan sepenuhnya menjadi wewenang bupati sebagai pejabat pembina kepegawaian. "Kami sesuai aturan saja. Nantinya hasil tes tersebut akan dijadikan pertimbangan untuk penembatan pejabat sesuai SOTK baru," tandasnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI