Jemaah Asal Karanganyar Meninggal Dunia di Tanah Suci

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Seorang jemaah haji asal Kabupaten Karanganyar di kloter 20 bernama Tini Diro Sentono (54) meninggal dunia di Tanah Suci akibat serangan jantung.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Karanganyar, Mustain Ahmad kepada wartawan, Minggu (18/09/2016) menginformasikan jenazah telah disalatkan oleh para jemaah haji dari berbagai penjuru dunia usai menunaikan salat subuh di Makah, waktu setempat. Kemudian dimakamkan di kompleks permakaman khusus bagi jemaah haji di Tanah Suci. 

Mustain mengatakan hal itu mendapat persetujuan suaminya, Sutono yang mendampinginya menjalankan rukun Islam kelima itu dan izin keluarga di Tanah Air. "Sebenarnya almarhumah bukan termasuk jemaah risti. Tidak ada yang perlu dirisaukan berdasar catatan kesehatannya. Dugaan sementara karena serangan jantung,” katanya.

Kepastian penyebab kematian masih menunggu hasil laporan Certificate Of Death (COD) otoritas berwenang. Namun berdasarkan informasi yang diperoleh Mustain dari keluarga di rumah duka Dusun Beji Rt 02/Rw VIII Tawangmangu, almarhumah pernah dirawat di RS akibat serangan jantung beberapa waktu lalu. Kepada keluarganya, Mustain menceritakan kondisi Tini menjelang meninggal dunia.

Kementrian Agama kini memproses asuransi dan akan memberikan fasilitas penjemputan dari debarkasi ke rumah duka bagi suaminya, Sutono. Ibadah haji pasangan suami istri ini merupakan kali kedua setelah 2004 silam.

Petugas haji daerah juga melaporkan kondisi jemaah di kloter 20 sebanyak 355 orang dan kloter 56 sebanyak 116 orang. Jemaah atas nama Suroso dari kloter 56 asal Tasikmadu, Karanganyar dirawat di RS Arab Saudi, belum lama ini. (R-10)

 

BERITA REKOMENDASI