JLK Wonogiri Diujicoba, Dishub Akan Tambah Rambu

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri melakukan uji coba Jalan Lingkar Kota (JLK), Kamis (07/10/2021). Kadishub Waluyo SSos MM menuturkan perlu penambahan rambu lalin di jalur tersebut demi keselamatan pengendara jalan.

“Hasil ujicoba tim kami akan segera kami laporkan kepada Bupati Wonogiri untuk pengambilan kebijakan selanjutnya,” ujar Waluyo.

Saat uji coba dilakukan, kendaraan angkutan barang seperti truk dan juga bus antar kota antar provinsi (AKAP) kecuali bus jurusan Pacitan – Solo diarahkan untuk melewati rute JLK, dari Bulusulur, Pencil dan Krisak. Panjang rute itu hampir 16 kilometer. Uji coba lintas sektoral yang melibatkan DPU dan juga Satlantas Wonogiri.

Ada beberapa catatan dari Dishub atas uji coba JLK kali ini. Waluyo mengatakan salah satunya adalah dibutuhkannya rambu-rambu lalu lintas untuk dipasang di JLK demi keselamatan pengendara jalan.

“Misalnya rambu-rambu di titik persimpangan jalan. Saat uji coba, tim gabungan melakukan pengaturan arus lalu lintas di sejumlah titik persimpangan. Rambu ini kan penting juga untuk panduan pengendara di tempat-tempat tertentu,” kata mantan Kepala Satpol PP Wonogiri ini.

Kadishub Wonogiri tak menampik dibutuhkan rambu khusus area rawan longsor di ruas JLK utamanya di jalur belakang Mapolres Wonogiri. Seperti diketahui, longsoran tebing tanah sudah beberapa kali terjadi di JLK. Bahkan sempat menutup sebagian badan jalan. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI