JPS Sudah, KPM Tinggal Menanti Penyaluran Sembako Provinsi dan BLT Kemensos

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo sudah selesai melakukan penyaluran bantuan paket sembako dalam program jaring pengaman sosial (JPS) kepada 67.636 keluarga penerima manfaat (KPM). Selanjutnya, sebanyak 6.820 KPM di Sukoharjo akan segera menerima penyaluran bantuan sembako dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan 60.758 KPM masuk sebagai calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) dari Kementerian Sosial (Kemensos). Jadwal penyaluran kedua bantuan tersebut masih menunggu kejelasan dari provinsi dan pusat.

Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Sukoharjo Sukimin, Selasa (5/5) mengatakan, ada tiga jenis bantuan bagi KPM terdampak virus corona berasal dari berbagai sumber seperti pemerintah pusat, provinsi dan Pemkab Sukoharjo. Bantuan akan diberikan ke masing masing penerima atau KPM secara berbeda. Artinya KPM tidak boleh menerima bantuan dobel demi pemerataan kepada masyarakat.

Proses bantuan pertama yang sudah selesai disalurkan yakni bersumber dari Pemkab Sukoharjo berupa program JPS. Bantuan diberikan dalam bentuk paket sembako masing masing KPM menerima senilai Rp 200 ribu. Penyaluran sudah selesai dilakukan pada 28-30 April lalu melalui Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong).

Dinsos Sukoharjo memantau langsung proses penyaluran bantuan sembako JPS di masing masing E-Warong. Hasilnya berjalan lancar meski ada beberapa catatan evaluasi.

BERITA REKOMENDASI