Jumlah Pengangguran Naik 8 Ribu/Tahun

WONOGIRI (KRjogja.com) – Angka  pengangguran di Kabupaten Wonogiri rata-rata naik sekitar 8 ribu/tahun.  Data di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Wonogiri mencatat jumlah pengangguran saat ini ada 17.785 jiwa, sebagian besar yakni 12 ribu diantaranya adalah pengangguran pria.

"Setiap tahun pengangguran kita bertambah 8 ribu orang. Pertambahan tersebut terjadi paling banyak lantaran adanya lulusan SMA/SMK," ungkap Bupati Wonogiri, Joko Sutopo.

Bupati mengakui penyerapan pengangguran di dunia kerja daerahnya, khususnya di perusahaan mengalami kesenjangan. Karena banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja perempuan. Akibatnya sebagian besar pengangguran adalah laki-laki.

 "Upaya menekan ledakan  angka pengangguran tidak bisa hanya bergantung pada lowongan di perusahaan di Wonogiri. Bahkan, Disnakertransudah melaksanakan sejumlah langkah seperti penyerapan canaker melalui bursa kerja online, informasi pasar kerja, maupun job fair," kata Bupati.

Bupati menambahkan dinas terkait telah menyiapkan pelatihan berbasis kompetensi untuk pengangguran usia 18-35 tahun plus uji kompetensi yang bersertifikat Badan Nasional Standar Profesi (BSNP). Ditambah pelatihan bagi pengangguran usia di atas 35 tahun dengan pendampingan praktisi UMKM. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI