KA Bandara Adi Soemarmo Resmi Beroperasi, 2 Bulan Gratis

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jawa Tengah Gandjar Pranowo melakukan 'soft launching' pengoperasian Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo, Minggu (29/12). Kereta api yang berangkat dari Stasiun Balapan Solo dengan tujuan Stasiun Bandara Adi Soemarmo ini merupakan satu-satunya kereta api di Indonesia yang bisa langsung masuk ke area bandara.

 

Sebelumnya Menhub didampingi Direktur PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro dan Komisaris PT KAI Risa Primad mencoba langsung KA Bandara tersebut dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Bandara Adi Soemarmo. Dalam kecepatan normal hanya memakan waktu sekitar 20 menit dan sempat berhenti di Stasiun Kadipiro sekitar satu menit. Keberadaan KA Bandara di Solo merupakan yang kedua di Jawa setelah Jakarta.

Budi Karya Sumadi mengaku puas dengan fasilitas Kereta Api Bandara termasuk stasiun baru di Bandara Adi Soemarmo yang dinilai cukup bagus. "Ini stasiun kereta api satu-satunya yang berada di dalam area bandara, menyatu dengan Bandara Internasional Adi Soemarmo. Presiden menginstruksikan agar moda transportasi darat seperti terminal bus, kereta api dan bandara bisa menyatu," papar Menhub.

Gandjar Pranowo menambahkan, kehadiran kereta bandara juga untuk memberikan suporting bagi 'Bali Baru' yakni destinasi wisata Candi Borobudur yang nanti memiliki beberapa klaster, Yogya, Solo dan Semarang (Joglosemar)," ujar Gubernur Jateng.

Ditambahkan, adanya KA Bandara diharapkan semakin mempermudah wisatawan baik Nusantara maupun mancanegara yang ingin menggunakan jasa angkutan baik kereta api maupun pesawat udara di kawasan Solo khususnya.

Menhub menambahkan, kehadiran kereta bandara di Solo bisa menjadi contoh kegiatan antarmoda transportasi yang terintegrasi, misalnya warga di sekitar Solo dari Madiun atau daerah lain yang ingin pergi naik pesawat bisa turun Terminal Bus Tirtonadi Solo atau melalui Jembatan Skybridge langsung ke Peron Stasiun Balapan dan bisa langsung ke Stasium KA Bandara Adi Soemarmo," paparnya.

Menhub menjelaskan, setelah soft launching

Minggu (29/12), tiket KA Bandara akan digratiskan selama dua bulan. "Tarifnya nol rupiah. Tiket gratis tersebut dimaksudkan agar anak-anak sekolah hingga masyarakat umum bisa merasakan naik KA Bandara," paparnya.

Setelah dua bulan bertarif gratis, untuk selanjutnya Kemenhub bersama PT KAI bakal mengkaji lebih lanjut soal tarif KA Bandara tersebut. Setelah itu, KA Bandara bakal langsung beroperasi melayani masyarakat yang naik pesawat terbang di Bandara Adi Soemarmo.

Sementara itu Dirut PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, untuk sementara harga tiket belum ditentukan dan masih melihat respons masyarakat. Yang penting terjangkau. "Nantinya setelah beroperasi penuh dalam satu hari akan terjadi 60 kali perjalanan pergi pulang (PP) KA Bandara," ungkap Edi.

Menurutnya, KA Bandara ini menggunakan Kereta Solo Ekspres yang merupakan kereta rel diesel elektrik buatan PT Inka Madiun dengan kapasitas total 150 penumpang. Adapun jadwal keberangkatan KA Bandara ini dari Stasiun Solo Balapan dimulai pukul 04.25 WIB dan terakhir pukul 23.14 WIB. Sedangkan dari Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Balapan berangkat pukul 04.53 WIB dan terakhir pukul 23.42 WIB dengan waktu tunggu pertrip 19 menit. (Hwa)

 

BERITA REKOMENDASI