Kabupaten Karanganyar Berkinerja Keuangan Terbaik

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Bupati Karanganyar Juliyatmono menerima anugerah Dana Rakca dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (6/12/2017). Penghargaan itu diberikan kepada penerima dana insentif daerah (DID) yang dianggap paling berhasil mengelola keuangan daerah, pendidikan, infrastruktur, pemerintahan umum dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ini merupakan kali kedua anugerah Dana Rakca diterima Karanganyar. Diserahkan langsung oleh Pak Jokowi. Tahun ini, prestasi itu lebih baik karena naik dari posisi enam besar tahun lalu menjadi tiga besar pada tahun ini,” kata Bupati Juliyatmono kepada KRJOGJA.com, Rabu (7/12/2017).

Di Istana Kepresidenan Bogor, Juliyatmono menerima penghargaan itu bersama sembilan daerah berprestasi dalam pengelolaan DID. Yakni Provinsi Jawa Timur, Sprovinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Bandung, Kabupaten Banyuwangi, Kota Depok, Kota Semarang dan Kota Surabaya.

Pemerintah pusat menakar keberhasilan itu dari input, outcame dan output kriteria penilaian seperti pengelolaan keuangan daerah, pelayanan pemerintahan umum, pelayanan dasar publik dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, poin lebih pada Opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan penetapan APBD tepat waktu.

“Juga tidak ada masalah hukum terkait penyelenggaraan keuangan daerah,” kata Juliyatmono.

Anugerah itu berimplikasi pada pemberian DID ke Karanganyar pada 2018 Rp 68 miliar. Dana tersebut untuk menstimulasi peningkatan kinerja pengelolaan keuangan daerah dan urusan wajib lainnya.

Juliyatmono mengucap terima kasih atas kerjasama tim dari organisasi perangkat daerah (OPD), aparatur sipil negara (ASN), kalangan legislatif dan semua stakeholder di Bumi Intanpari.

“Penghargaan ini buat semua yang selama ini mendukung kerja pemerintah. Terutama masyarakat Karanganyar,” katanya.    

Ia berpesan agar mereka tetap mempertahankan prestasi itu dengan memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat tanpa meninggalkan kewajiban birokrasi.

“Mari tahun depan disiapkan lebih baik dan terus semangat,” pungkasnya.(Lim)

BERITA REKOMENDASI