Kades Suyatno Mangkir Panggilan Kejari

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar gagal memanggil Kades Berjo, Ngargoyoso, Suyatno selaku saksi dalam kasus dugaan korupsi di BUMDes desanya. Sang kades mangkir menghadiri pemeriksaan saksi terkait kasus dugaan korupsi di BUMDes Berjo.

Kepala Kejari Karanganyar, Mulyadi Sajaen melalui Kasi Intel Kejari Karanganyar, Guyus Kemal menyampaikan, semula menjadwalkan proses pemeriksaan terhadap kades tersebut pada Selasa (15/02/2022). “(Kades) Tidak datang, tanpa keterangan,” katanya, Rabu (16/02/2022).

Selanjutnya pihak Kejari akan melayangkan surat panggilan kedua kepada Kades tersebut. Pasalnya yang bersangkutan tidak memenuhi surat panggilan pertama.

Dia menuturkan, surat panggilan maksimal dilayangkan sebanyak tiga kali. Jika tak juga memenuhi panggilan, bakal dijemput aparat.

Adapun surat panggilan dilayangkan kepada Kades Berjo dalam rangka proses pemeriksaan guna menindaklanjuti laporan adanya dugaan korupsi yang diterima Kejari Karanganyar pada awal tahun ini. Hingga saat ini Kejari telah memeriksa puluhan saksi baik itu pengurus BUMDes, warga, dan pengurus BUMDes lama.

Guyus mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan akan memanggil saksi lain terkait kasus tersebut. Lebih lanjut dikatakannya, Suyatno tidak memberitahukan alasan dirinya mangkir.

Sementara itu Kades Berjo Suyatno mengakui adanya surat pemangilan dirinya ke kejaksaan. Hanya saja dirinya terlalu sibuk mengurus desanya sehingga berhalangan hadir.

Ia belum bisa memastikan kapan bakal memenuhi panggilan dan memberikan keterangan. “Masih sibuk di desa,” katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI