Kajari Prihatin Banyak Kasus Kekerasan Anak

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Banyaknya kasus kekerasan terhadap anak di bawah umur di daerahnya membuat jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri prihatin. Selama satu tahun terakhir kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur mendominasi paling banyak di wilayah hukum Wonogiri yakni ada 11 kasus.

“Dari total 79 kasus tindak pidana umum (Pidum), sebelas diantaranya adalah kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur,” ungkap Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Wonogiri Tailani Moehsad SH usai peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 di kantornya, Kamis (22/07/2021).

Dari angka sebelas kasus itu, imbuh dia, 8 diantaranya sudah di vonis pengadilan. Akibat kasus ini para korban yang umumnya ditinggal orang tuanya merantau mengalami trauma berat maka Kajari selalu memerintahkan jaksanya untuk menuntut seberat-beratnya kepada oknum pelaku.

Untuk memberikan bekal madalh hukum, dikatakan Tailani, Kejari Wonogiri siap melayani penyuluhan hukum gratis kepada masyarakat luas maupun lembaga ataupun organisasi. Karena masih dalam kondisi pandemi Covid 19 permintaan penyuluhan maupun bantuan hukum gratis agar diajukan secara online ataupun protokol kesehatan ketat.

“Dengan pelayanan ini prinsip atau harapan kami masyarakat lebih kenal hukum tapi bisa menjauhi hukuman,” tutur Kajari. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI