Kantongi Permit Dewan, Perbaikan Jalan Ambles Rp 700 Juta

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Badan anggaran DPRD Karanganyar menyetujui pengucuran dana mendahului penetapan APBD perubahan untuk perbaikan jalan penghubung antar kecamatan di Desa Kaling, Tasikmadu Rp 700 juta. Kalangan DPRD mendesak akses vital itu selesai dikerjakan sebelum Lebaran.
 
"Tim anggaran pemerintah daerah sudah meminta agar dana itu disetujui. Memang mendesak karena jalan itu vital. Berdasarkan pengajuan dari Pemkab, mintanya Rp 700 juta," kata Ketua Badan Anggaran DPRD Karanganyar, Sumanto kepada KR, Sabtu (17/3).
 
Anggaran tersebut disetujui tidak kurang maupun lebih dari pengajuan tim teknis. Sebelumnya sempat mencuat kebutuhan memulihkan jalan utama penghubung Kecamatan Tasikmadu-Kebakkramat itu mencapai miliaran rupiah. Terdiri dari pembuatan konstruksi jalan, pengaspalan, membangun jembatan ukuran sedang, talud dan gorong-gorong. Untuk diketahui, ambrolnya jembatan itu pada Senin (12/3) memutus total akses jalan usaha tani dan mobilitas peserta didik dari Desa Kaling, Tasikmadu ke Desa Alastuwo, Kebakkramat maupun sebaliknya.

Pembuatan jalan darurat belum mampu memulihkan kembali kondisi itu. Jalan darurat berukuran lebar 4 meter hanya bisa dilewati kendaraan roda dua dan mobil pribadi secara bergantian. Sumanto menengarai, aktivitas pengambilan tanah padas untuk material genting tanpa kontrol memicu longsor jalan tersebut.

"Anggaran itu masuknya ke DPU-PR. Segera saja dilelangkan," katanya. 

Anggota Komisi B DPRD Karanganyar, Tri Haryadi meminta komitmen Pemkab merampungkannya sebelum Lebaran. Ia meyakini waktu tersisa hingga Juni mendatang relatif cukup. "Jalan itu penting terutama nanti saat arus balik dan mudik Lebaran. Dari eksekutif mengajukan anggaran Rp 700 juta. Semoga itu cukup. Sebenarnya kalau pengajuannya lebih dari itu asalkan realistis, pasti juga disetujui," katanya.

Saat pengajuan dana mendahului pengesahan perubahan APBD, tim anggaran pemerintah daerah selain meminta pembiayaan jalan di Desa Kaling juga beberapa proyek lainnya. Antara lain stimulan dana TMMD sengkuyung di Karangpandan Rp 500 juta dan pembangunan Jembatan Sejlamprang di Ngargoyoso Rp 2,2 miliar. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI