Kantor Imigrasi Surakarta Terapkan Sistem Antrean Online

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Untuk menghindari antrian membludag saat pembuatan paspor, Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta melakukan terobosan dengan menerapkan antrean secara online bagi pemohon paspor. Kini pemohon paspor baru maupun penggantian paspor tidak perlu berjubel antre atau datang pagi-pagi ke kantor Imigrasi Surakarta.

“Sekarang pemohon paspor cukup terkoneksi dengan jaringan internet baik menggunakan laptop ataupun telepon seluler berbasis android. Pemohon paspor bisa mengambil nomor antrean,” ujar Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Surakarta Kurnia Dwi Nastiti di ruang kerjanya, Kamis (07/09/2017).

Diakui oleh Nastiti, sebelum diterapkan sistem antrean online pemohon paspor di Kanim Surakarta membludag. Bahkan tak jarang para pemohon harus datang pagi agar mendapat jatah awal yang hanya 90 pemohon pembuatan paspor setiap harinya. “Mulai tanggal 4 September 2017 pemohon cukup menggunakan aplikasi antrean paspor berbasis android atau melalui website imigrasi.go.id,” ujar Nastiti.

Nastiti menjelaskan, setelah membuka laman tersebut atau aplikasi Antrean Paspor yang bisa di download melalui Playstore, pemohon paspor diarahkan untuk memilih tanggal dan kategori waktu antrean untuk permohonan paspor. “Setiap pemohon memasukkan tanggal dan kategori waktu antrean, yakni pagi atau siang hari maka akan keluar pemberitahuan berupa pop up menu yang menyatakan slot waktu masih tersedia atau tidak,” papar Nastiti.

Jika slot waktu yang diinginkan sudah didapat, pemohon akan diminta memasukkan alamat email dan mengisi data lainnya. Sesudah itu, pemohon akan menerima pemberitahuan yang berisi verifikasi dan barcode yang harus ditunjukkan saat pergi ke kantor Imigrasi Surakarta.

“Setelah sampai di kantor Imigrasi Surakarta, pemohon tinggal datang dan menunjukkan barcode itu lalu menunggu untuk pengambilan foto dan menyerahkan berkas-berkas," tutur Nastiti. (Hwa)

BERITA REKOMENDASI