Kantor Pertanahan Wonogiri Luncurkan Inovasi ‘Sego Tiwul’

Editor: Agus Sigit

WONOGIRI, KRjogja.com – Kantor Pertanahan/Agraria Kabupaten Wonogiri, Jum’at (27/8), ‘menjual’ sego tiwul. Bukan nasi yang terbuat dari gaplek atau singkong tapi ini merupakan inovasi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. ‘Sego Tiwul’ yang diluncurkan (dilaunching) Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno adalah aplikasi elektronik ‘Selangkah Go Online Teknologi Informasi Wonogiri Unggul’.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Wonogiri Heru Muljanto A Ptnh MH melaporkan, dengan aplikasi ‘Sego Tiwul’ pelayanan Kantor Pertanahan akan lebih efektif dan efisien. Dengan aplikasi berbasis IT ini masyarakat Wonogiri dimanapun berada bisa mengurus kebutuhan terkait sektor pertanahan cukup dari rumah atau tidak harus datang ke kantornya.
“Bahkan tidak hanya yang berada di daerah Wonogiri, yang kebetulan merantau di luar daerah ataupun luar provinsi sekalipun bisa mengurus dengan membuka aplikasi elektronik,” kata Heru.

“Ada teman kami yang ada di Ambon dan Papua juga bisa mengikuti acara ini,” imbuh Kepala Pertanahan Wonogiri terkait layanan elektronik ‘Sego Tiwul’ yang diluncurkan saat pandemi Covid 19 ini.

Bupati Wonogiri yang diwakili Wakil Bupati Setyo Sukarno saat meluncurkan program baru di Kantor Pertanahan Wonogiri menyebutkan program ini akan gampang diikuti atau diingat masyarakat karena mengangkat kearifan lokal nasi khas daerah Wonogiri. Pihaknya optimistis warga masyarakat yang berurusan dengan Kantor Pertanahan akan banyak dibantu atau dipermudah.

“Peluncuran ‘sego tiwul’ di saat masih dalam suasana pandemi Covid 19 ini juga sangat tepat karena antara pemohon dengan jajaran Kantor Pertanahan tidak perlu tatap muka cukup dengan menggunakan aplikasi online,” tandas Setyo.-(Dsh)

 

BERITA REKOMENDASI