Karanganyar Ekspor Permen Jahe, Berdayakan Petani Lokal

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Budidaya jahe di lereng Lawu bakal makin masif seiring kerjasama ekspor permen jahe ke Amerika Serikat yang digarap pengusaha lokal. Dari semula mengandalkan enam hektare ladang jahe, kini merambah ke 20 hektare.

Pola kerjasama yang dijalin PT Indo Tropikal Group dengan petani jahe di Karangpandan sudah berlangsung sejak 2017. Setelah mendapat kepercayaan memproduksi merek REED’S Ginger Chews, perusahaan tersebut mengirim permen jahe ke negeri Paman Sam sebanyak sembilan kontainer pada tahun ini. Pengiriman perdana pada Kamis (4/3/2021) dari gudangnya di Tegalasri Bejen disaksikan Bupati Karanganyar Juliyatmono, jajaran kantor Imigrasi dan pejabat lainnya.

Owner PT Indo Tropikal Group, Toni Winata mengatakan mitra di USA menggunakan seluruh bahan lokal di Karanganyar. Terutama jahe merah organik yang ditanam di Karangpandan. Dalam hal ini, perusahaannya membeli panenan tersebut lalu meramu menjadi permen jahe.

“Sejauh ini baru memakai 6 hektare ladang jahe. Kami membayar buruh tanam, menyediakan bibit sampai pupuk. Lalu mengerjakan produksinya. Ada 45 karyawan di pabrik ini,” kata Toni, Kamis (4/3/2021).

BERITA REKOMENDASI