Karanganyar Kejar Target Kelahiran 7.000 Ekor, Sapi Indukan Wajib Bunting

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Inseminasi Buatan (IB) massal dalam upaya khusus sapi indukan wajib bunting menarget 7.000 kelahiran pada tahun ini. Hingga September, baru berhasil merealisasi 450 ekor anakan.

Pencapaian program tersebut terungkap di pengukuhan dan pembinaan Asosiasi Kelompok Ternak Sapi Lembu Lawu di Ruang Podang I Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar, Senin (12/10).

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Karanganyar Siti Maesyaroch mengatakan populasi sapi saat ini sekitar 70 ribu ekor. Terkait realisasi kelahiran sapi yang masih jauh dari target, ia mengatakan butuh kerja ekstra dari para mantri sapi di Karanganyar. Namun, jumlah petugas lapangan IB tak sampai 30 orang.

“ASN dan THL tidak lebih dari 30 orang. Kami memiliki 14 ribu sperma beku yang siap membuahi. Hanya saja kurang SDM dan kesiapan dari ternak usia siap bunting. Padahal ditarget 10 ribu sapi betina buntung dalam tahun ini,” kata Siti.

Perkembangbiakan sapi memang terus digenjot untuk mencukupi kebutuhan daging lokal. Nantinya, diharapkan dominasi impor daging sapi dan kerbau di Indonesia berkurang.

Ia berharap melalui asosiasi peternak sapi yang dikukuhkan, mampu menerapkan program secara efektif dan efisien.

BERITA REKOMENDASI