Karanganyar Pendongkrak Ekonomi Jateng

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah bakal lebih merosot jika tak ditopang pertanian dan pariwisata. Dalam hal ini, Kabupaten Karanganyar dinilai punya andil besar.

“Karanganyar menyumbang pertumbuhan ekonomi di Jateng. Menekan tidak sampai minusnya bertambah. Terus menopang dengan melihat grafiknya,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Senin (14/11/2020).

Sekadar informasi, pertumbuhan ekonomi di Jateng pada triwulan kedua minus 5 persen. Sedangkan di triwulan ketiga membaik, yakni minus 3 persen. Juliyatmono mengatakan sektor pertanian yang mendukung geliat UKM kuliner dan pariwisata menyumbang perbaikan tersebut. Kabupaten Karanganyar termasuk lumbung padi Jawa Tengah dan nasional dengan surplus beras sampai Desember 2020 sebanyak 120 ribu ton. Hal ini didukung luasan tanam 54 ribu hektare. Selain pertanian, Kabupaten Karanganyar memiliki puluhan obyek wisata dan pusat kuliner yang menyertainya.

“Pertumbuhan ekonomi di Karanganyar dari desa. Potensinya pada penyediaan makanan dan minuman. Pada saat libur panjang, itu kesempatan kita. Obyek wisata penuh pengunjung dan UKM kuliner bisa merasakan nikmatnya,” katanya.

BERITA REKOMENDASI