Karanganyar Raih Predikat Kabupaten Layak Anak

KARANGANYAR,KRJOGJA.com -Predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) diraih Kabupaten Karanganyar dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Any Indrihastuti menerima pengharhargaan itu di Makassar, Selasa (23/7) malam.

“Ini merupakan kado istimewa di Hari Anak Nasional (HAN). Karanganyar menerima KLA tahun 2019 kategori pratama. Kami mewakili Bupati Juliyatmono menerimanya. Ibu menteri (Yohana Yambise) sendiri yang menyerahkan,” katanya kepada KR

, Rabu (24/7).

Dalam kesempatan itu, 247 kabupaten/kota menerima predikat tersebut dengan kategori pratama, muda, nindya, madya dan utama. Meski predikat terendah yang diraihnya, namun berhasil menyemangati Pemkab Karanganyar untuk terus berinovasi. Pada tahap awal, komitmen Pemkab dalam mengarusutamakan hak anak tertuang dalam pelayanan publik maupun regulasinya. Tim verifikasi KLA telah mengkroscek ke lokasi sekolah, kantor dinas kependudukan, desa dan sebagainya pada Mei lalu. Kroscek juga menyasar puskesmas ramah anak, taman ramah anak, hingga tempat perbelanjaan. Yang jelas, dari 24 indikator KLA yang dibagi dalam lima klaster, Karanganyar sudah berusaha memenuhi semuanya secara optimal. 

"Hak sipil anak, harus dipenuhi. Yakni setiap anak harus memiliki akta kelahiran. Pemenuhan hak sipil ini poinnya tinggi. Keberadaan desa dan kecamatan layak anak juga poinnya tinggi," jelasnya. 

Dia berharap, setelah mendapat predikat KLA, ke depan ada implementasi nyata.

"Jadi tidak sekadar predikat, tapi pemenuhan hak anak benar-benar terpenuhi. Tahun depan, rencananya akan kami ajukan Perda KLA untuk menguatkannya," imbuhnya. 

Disinggung soal ruang bermain untuk anak, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, Pemkab akan membangun ruang terbuka dan ruang publik di kawasan Gedung Wanita Karanganyar. 

"Gedung akan dibongkar, nanti di situ dibangun gedung teater, juga berbagai fasilitas publik. Termasuk ruang bermain untuk anak-anak. Ini kaitannya dengan pemenuhan hak anak," imbuhnya.

Realisasi pemenuhan hak anak tak hanya fasilitas. Namun juga membuka ruang bertutur pendapat.

“Dalam waktu dekat, akan dilakukan deklarasi KLA,  yang akan melibatkan anak-anak dari seluruh wilayah di Karanganyar," katanya.(Lim)

 

 

BERITA REKOMENDASI