Karanganyar Terima Penghargaan KIP

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar meraih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kategori kabupaten informatif dalam acara penganugerahan yang digelar oleh Komisi Informasi Provinsi Jateng di Semarang pada Selasa (14/12/2021) malam. Penghargaan tersebut diberikan kepada badan publik yang telah lolos berbagai tahapan penilaian.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Karanganyar Sujarno mengungkapkan, kategori Informatif didapatkan setelah dilakukan analisa dan evaluasi terhadap kinerja Pemkab Karanganyar terkait keterbukaan informasi yang disediakan pemerintah kepada masyarakat.

“Ada beberapa poin dan tahapan yang kami lalui, yakni di antaranya KIP melakukan penilaian dengan melihat website ataupun media sosial yang kami kelola. Kemudian tentang kuesioner, visitasi pengisian kuesioner, dan uji publik yang sebelumnya kami gelar di UNS,” katanya, Rabu (15/12/2021).

Dalam keterbukaan informasi publik, pemkab telah menyelesaikan sekitar 1.300 dari 1.500 aduan yang masuk melalui website maupun kanal-kanal informasi Kabupaten Karanganyar. “Hampir 90 persen persoalan yang terjadi di Karanganyar bisa kami selesaikan. Tahun ini rata-rata adalah persoalan tentang vaksin,” jelas Sujarno.

Ia menambahkan, ada empat tahapan atau penilaian yang dilalui agar lolos dan seleksi. Penilaian tersebut meliputi penilaian website dan media sosial, pengisian kuisioner mandiri, visitasi dan presentasi, serta uji publik yang dilakukan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, 23 November 2021 dengan narasumber Juliyatmono.

“Dalam pengisian kuisioner mandiri, ada tiga OPD [Organisasi Perangkat Daerah] yang harus ikuti mengisi kuesioner. Selain melibatkan PPID utama, juga melibatkan PPID pembantu yaitu Dinas Sosial Dinsos, BPPD dan Dinas Kesehatan (Dinkes) yang ada kaitannya dengan pandemi Covid-19 serta dua PPID pilihan, yaitu yang punya alokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa [Dispermades] dan Dinas Perdagangan Koperasi tenaga Kerja dan UKM,” ujar Sujarno.

Penghargaan diberikan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dan diterima Bupati Karanganyar Juliyatmono sebagai Kepala Badan Publik Kabupaten Karanganyar.

Sementara itu Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan, pencapaian ini tidak lepas dari dukungan semua pihak. “Saya bersama Pak Rober sudah tiga tahun menjadi Bupati dan Wakil Bupati. Karanganyar sudah bergerak menjadi kabupaten informatif,” ucapnya.

Dia berharap informasi yang diberikan nantinya dapat berdampak luas bagi kesejahteraan masyarakat. (Lim)

BERITA REKOMENDASI