Karanganyar Zona Oranye, Penolak Swab Dijemput Paksa

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Kabupaten Karanganyar masuk zona oranye atau sedang kasus Covid-19 per Rabu (16/9). Tindakan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 lebih tegas untuk menekan penularan.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar Juliyatmono mengatakan status saat ini menurun dari sebelumnya zona merah yang ditetapkan per Agustus 2020. Meski demikian, tidak boleh lengah. “Kasusnya fluktuatif, sehingga tingkat zona mengikutinya. Sebelumnya zona merah sekarang oranye. Kecamatan Colomadu paling tinggi kasus positif covid-19 disusul Jaten, Tasikmadu, Karanganyar, Tawangmangu, Jumapolo, Gondangrejo,” katanya, Jumat (18/9).

Rencananya Oktober akan diberikan saksi tegas bagi yang tidak menggunakannya berupa membayar denda yang uangnya akan diganti dengan masker. “Kades mohon untuk bisa membantu meminimalisir penularan Covid-19. Rata rata yang meninggal dengan status Covid-19, adalah usia 60 tahun ke atas karena mempunyai penyakit bawaan kronis. Untuk itu dijaga kebugaran dan kesehatannya,” pintanya.

BERITA REKOMENDASI