Karyawan PD BKK Karanganyar Beberkan Modus Korupsi Atasan

Editor: Ary B Prass

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Para saksi kasus korupsi PD BKK Karanganyar mengakui dipaksa memproses kredit nasabah di luar ketentuan supaya dana cepat mengalir. Perintah itu dari atasannya, Manis Subakir dan Sutanto yang duduk di kursi terdakwa.
Para saksi tersebut mengutarakan penyaluran pinjaman ke nasabah tanpa prosedur itu pada tahun 2014-2016. Mereka yang merupakan staf PD BKK Karanganyar mengaku tindakannya di bawah tekanan.
Para saksi yang dihadirkan dalam sidang kedua kasus korupsi di pengadilan tipikor Semarang, Kamis (14/4/2022) itu adalah Eko Fitriyanto, Sri Harmini, Dhani A, Renny, Sugino dan Sapto. Sidang yang bermateri pemeriksaan keterangan saksi itu dilaksanakan secara daring dan luring. Jaksa penuntut umum (JPU) dan aksi hadir langsung di PN Semarang sedangkan para terdakwa sidang secara daring di Rutan Surakarta.
“Enam saksi adalah pegawai PD BKK Karanganyar yang saat itu ikut memproses pengajuan kredit. Mereka mengaku dipaksa memproses agar mudah dan cepat cair meski itu tak sesuai ketentuan. Mereka mengaku hanya mengikuti perintah pimpinan,” kata JPU dari Kejari Karanganyar, Guyus Kemal, Jumat (15/4/2022).

BERITA REKOMENDASI