KASAU : Tidak Ada Tempat Untuk Perwira Pasif

SOLO, KRJOGJA.com – Sebanyak 230 perwira TNI AU lulusan Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa ) TNI Angkatan Udara (AU) ke -21 dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna SE MM di lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Jumat (21/12/2018). 

"Dengan dilantiknya 220 perwira baru TNI AU maka upaya untuk memenuhi kebutuhan personel pada strata perwira secara bertahap dapat diwujudkan sesuai dengan konsep pengembangan kekuatan personil TNI AU,"tegas KASAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna SE MM .

Dipaparkan oleh KASAU pendidikan Setukpa adalah pendidikan untuk mengubah sikap mental dari seorang bintara menjadi perwira yang mumpuni, sesuai korps dan profesi masing-masing. "Setiap perwira Setukpa yang awalnya berpangkat Letnan Dua (Letda)  dituntut memiliki daya inteligensia yang memadai, memiliki kesamaptaan jasmani yang prima, nantinya mampu menjadi perwira yang kesatria, militan, loyal, profesional dan modern mampu menjawab tantangan tugas.

Terkait berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang pesat, KASAU memerintahkan para perwira agar terus meningkatkan pengetahuan serta ketrampilannya . "Sekarang ini di era informasi teknologi (IT) terus berkembangan pesat , perwira TNI AU dituntut untuk cepat beradaptasi baik untuk mengikuti perkembangan teknologi alat utama sistem senjata (Alutsista) juga perkembangan dinamika sosial di Indonesia,"paparnya.

KASAU menegaskan bukan lagi jamannya perwira hanya pasif menunggu perintah. "Sekarang ini perwira TNI AU harus kreatif, berfikir cerdas untuk melaksanakan tugas baik operasional maupun konsepsional agar berhasil sukses,"tegas KASAU Pendidikan Setukpa TNI AU diikuti sebanyak 230 siswa terdiri dari  210 siswa pria dan 20 siswa wanita Angkatan Udara (Wara). 

Para mantan Setukpa TNI AU Angkatan ke -21 ini sebelumnya telah menempuh pendidikan  selama delapan bulan di Skadron Pendidikan (Skadik) 401 Lanud Adi Soemarmo. Terpilih sebagai lulusan terbaik adalah Letda Tek Yohanes Krisostomus asal Ngawi, Jawa Timur. (Hwa)

BERITA REKOMENDASI