Kasus AIDS Meningkat, KPA Jamin Ketersediaan Obat

SRAGEN, KRJOGJA.com – Angka kasus HIV/AIDS di Kabupaten Sragen terus mengalami peningkatan. Setidaknya sudah ditemukan 1.118 kasus positif HIV/AIDS di Sragen dengan 116 korban meninggal dunia sejauh ini. Atas kondisi itu, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sragen terus bergerak mengintensifkan penanganan untuk menekan pertambahan kasus HIV/AIDS. Termasuk menjamin ketersediaan obat serta layanan tes HIV di seluruh Puskesmas yang ada.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi (Rakor) Lintas Sektor Penanggulangan HIV-AIDS Kabupaten Sragen dan Evaluasi Program Semester 1 Tahun 2019 yang digelar Kamis (18/7) di Sragen. Rakor dipimpin langsung Sekretaris KPA Sragen, Haryoto dengan dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Lapas, Kemenag, PMI serta LSM Peduli AIDS.

Haryoto mengungkapkan rakor digelar untuk menyosialisasikan rencana aksi daerah penaggulangan HIV/AIDS tahun 2017-2021 sekaligus mengevaluasi program yang sudah dijalankan pada semester I 2019 ini. Tujuan lainnya adalah meningkatkan sinergitas bersama antara layanan kesehatan, penjangkauan dan pendampingan ODHA untuk mencapai target pengendalian HIV/AIDS pada semester berikutnya. "KPA menjamin ketersediaan obat ARV bagi ODHA dan layanan tes HIV di tempat layanan kesehatan atau Puskesmas," ujarnya.

Sementara, Pengelola Program KPA Sragen, Wahyudi menyampaikan, hingga awal Juli 2019 jumlah kasus HIV/AIDS di Sragen mencapai 1.118 kasus. Data itu merupakan riil kasus yang ditemukan oleh KPA di lapangan. Jumlah itu di bawah estimasi Kemenkes yang memperkirakan jumlah kasus HIV/AIDS di Sragen sebanyak 1.828 kasus. (Sam)

BERITA REKOMENDASI